Begini Cara Kerja Lengkap Aplikasi Turnitin!

Aplikasi Turnitin adalah aplikasi berbasis web yang dikenakan biaya berlangganan layaknya berlangganan suatu data base online atau elektronik jurnal. Adapun pemanfaatan aplikasi  dan harga Turnitin dilakukan dalam suatu periode tertentu tergantung dari masa berlangganan yang disepakati ketika transaksi.

Saat Sebuah institusi atau lembaga membayar biaya langganan, penyedia jasa aplikasi akan memberikan akun ID atau username dan password yang bisa digunakan untuk memanfaatkan aplikasi Turnitin. Pada awalnya hanya diberikan satu buah akun ID dan password untuk administrator sebagai pengguna aplikasi tingkat universitas yang dikirimkan melalui email.

Tahap selanjutnya, administrator bisa membuat akun ID dan password tambahan untuk pengguna lainnya, baik untuk dosen dan mahasiswa. Masing-masing pengguna itu memiliki hak akses yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat penggunaan.

Seorang administrator selaku penanggung jawab akses, mempunyai hak yang luas mencakup dalam penggunaan aplikasi secara keseluruhan, yaitu pengguna aplikasi dan pembuat akun ID dan password untuk pengguna lainnya. Sedangkan pengguna dosen atau instruktur memiliki hak akses untuk membuat kelas untuk mengawasi atau mengecek hasil-hasil karya yang dikirimkan oleh peserta kelas yang dibuat. Untuk pengguna mahasiswa memiliki hak akses untuk bergabung dalam suatu kelas, mengirimkan karya untuk pengecekan tingkat plagiarisme, dan melihat hasil pengecekan.

Begini Cara Kerja Lengkap Aplikasi Turnitin!

Secara umum, berikut prosedur penggunaan aplikasi Turnitin:

  • Membuat akun

Untuk akun administrator tidak oleh penyedia jasa Turnitin yang dikirimkan melalui email. Sementara akun dosen dibuat oleh administrator, sedangkan akun mahasiswa dibuat oleh dosen. Pendaftaran akun dilakukan dengan mengisi formulir yang disediakan secara online, dan diverifikasi oleh administrator.

  • Membuka aplikasi

Membuka aplikasi Turnitin dilakukan dengan menggunakan browser. Jika sudah memiliki akun, pengguna dapat membuka aplikasi melalui menu login yang terletak di sudut kanan atas halaman web.

  • Mengirimkan file (upload) karya

Untuk mengecek tingkat plagiarisme suatu karya, pengguna dapat mengirimkan file dengan cara meng-upload file tersebut pada menu Add Assignment. Pengguna dapat memilih menu View dan unggah (upload) artikel atau file di dalam sistem dengan cara mengeklik “Submit”. Selanjutnya, pada saat mengunggah suatu file, lengkapi formulir unggah dengan cara memasukkan first name dan last name nama pengarang atau penulis serta judul publikasi yang akan diunggah.

Baca Juga :  Pantau Jadwal Harbolnas 2019 Dan Beli Kipas Angin AC Panasonic Dengan Harga Murah

  • Melakukan customization

proses kastomisasi bisa dilakukan dengan memilih parameter yang akan dijadikan pedoman dalam mengukur tingkat kesamaan. Misalnya, kita membatasi untuk mengeluarkan bibliografi dari daftar yang harus dicek atau sumber tertentu yang dianggap perlu agar tidak digunakan dalam pengecekan.

Setelah suatu file karya ilmiah atau naskah berhasil di-upload dan parameter ditentukan, aplikasi akan melakukan analisis dan pengukuran tingkat kesamaan suatu karya dengan karya lain yang sudah dipublikasikan. Dalam hal ini, sistem atau aplikasi akan bekerja untuk melakukan pencocokan suatu naskah dengan naskah yang lain berdasarkan cara kerja sistem.

  • Menampilkan dan Membaca Hasil Analisis Turnitin

Langkah ini merupakan langkah terakhir dalam pengecekan atau pendeteksian tingkat plagiarisme suatu karya. Tampilan hasil analisis tingkat kesamaan suatu karya ditunjukkan pada kolom similarity. Tanda hijau menunjukkan bahwa proses pembacaan artikel dalam sistem Turnitin telah selesai dilakukan. Untuk mengetahui detail pembacaan hasil deteksi, dapat dilakukan dengan cara mengeklik hasil persentase bertanda hijau.

Dengan mengeklik jumlah persentase dari masing-masing detail, kita akan diarahkan pada sumber-sumber yang dianggap memiliki kesamaan dengan karya yang dianalisis atau diukur pada beberapa sumber.

Informasi mengenai Turnitin lainnya bisa kamu lihat di sini!

About the author