Cara Jitu Memulai Bisnis Jual Masker untuk Corona

Ingin mencari penghasilan tambahan saat pandemi COVID-19? Harus diakui bahwa pandemi yang satu ini membuat berbagai rencana dan perencanaan keuangan menjadi terhambat. Namun, sebagai manusia, sebaiknya kita tidak menyerah dan mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi. Salah satu caranya adalah dengan membuat bisnis sampingan jual masker.

Masker adalah aksesori wajib untuk semua orang di masa pandemi. Begitu melangkahkan kaki ke luar rumah, kamu wajib memakai masker. Kamu bahkan tidak akan dibolehkan masuk ke minimarket tanpa masker.

Namun, bagaimana cara untuk memulai bisnis jual masker? Apa saja yang harus kamu persiapkan? Yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Mengetahui Jenis Masker Sebelum Jual Masker

Sebagai penjual masker, kamu tentu harus memahami apa saja jenis masker yang akan kamu jual. Tidak akan bijak rasanya jika kamu kebingungan saat pembeli bertanya jenis masker apa yang kamu jual dan bagaimana efektivitasnya.

Ada beberapa jenis masker yang paling banyak ditemui di Indonesia, yaitu:

  1. masker scuba,
  2. masker medis,
  3. masker kain biasa, serta
  4. masker duckbill.

Efektivitas terendah dalam menangkal virus adalah pada masker scuba, diikuti masker kain biasa, duckbill, dan kemudian medis.

Namun, kamu bisa menambahkan varian sekat pada masker untuk menambah efektivitasnya. Sekat itu bisa diberi filter yang dapat menyaring virus layaknya masker medis.

Jangan lupa untuk memahami ukuran-ukuran masker dan apakah ia bisa dipakai oleh semua orang. Pahami juga bahwa masker untuk anak-anak ukurannya jelas berbeda dan tidak bisa dipakai oleh orang dewasa.

Mencari Supplier

Beruntung jika kamu punya bahan, punya mesin jahit, dan bisa menjahit sendiri. Namun, kamu juga bisa mencari supplier. Kamu tidak perlu mencari mereka secara langsung; gunakan saja sistem dropship dengan memesan di produsen yang ada di e-commerce (lihat di sini untuk memulainya).

Telitilah pada saat membeli masker di supplier. Beli satu sampel dahulu untuk memastikan kualitasnya, kemudian jangan lupa untuk memastikan apakah ia bisa melayani sistem eceran, atau harus dengan sistem grosir. 

Lihat pula berapa lama proses pembuatan masker berlangsung. Masker custom biasanya menggunakan sistem pre-order

Kamu bisa menggunakan jasa lebih dari satu supplier, terutama apabila kamu ingin menjual lebih dari satu jenis supplier. Pastikan supplier-mu profesional, mudah dihubungi, dan bisa mengerjakan pesanan masker secara tepat waktu.

Akan lebih baik lagi kalau supplier-mu memang punya toko fisik. Hal itu menunjukkan kalau ia memang memiliki bisnis yang besar dan dapat diandalkan oleh para reseller.

Membuat Motif Masker

Setelah menemukan supplier yang tepat, kini saatnya bagimu untuk membuat motif masker. Motif adalah bagian dari estetika yang akan menimbulkan daya tarik bagi pembeli masker. Dengan motif yang unik, masker tidak hanya memiliki fungsi kesehatan, melainkan juga fungsi fashion yang membuat penggunanya percaya diri dan tidak merasa aneh saat mengenakannya.

Akan sangat bagus kalau kamu bisa mendesain, tetapi jika tidak, kamu bisa membuatnya di aplikasi desain gratis yang ada di Android dan iOS. 

Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan dalam membuat motif masker adalah Canva. Canva memberikan kamu berbagai kemungkinan desain gratis, bebas copyright, dan sangat menarik untuk maskermu.

Terapkan di Mock Up

Setelah membuat motif masker, sekarang kamu bisa mulai untuk mengepaskan desainmu kepada mock-up masker. Ada banyak mock-up masker yang ada di Internet, pilih yang sesuai dengan masker yang kamu jual. Kamu bahkan hanya perlu mengunggah desain pada situs. Mudah sekali, bukan?

Jual masker memang sesuatu yang sangat potensial dilakukan di masa pandemi ini. Kamu harus pandai melihat segala peluang.

Selain itu, penting juga untuk memiliki tujuan yang baik sebelum melakukan bisnismu. Daripada menjual dengan harga luar biasa mahal, misalnya, akan lebih baik untuk membuat paket bundling masker plus hand sanitizer. Paket masker untuk ibu dan anak juga ide yang tak kalah menarik.

jual masker

tips jual masker

Jadi, sudah siapkah kamu untuk berjualan masker?

Ayo mulai sekarang juga dan jadikan bisnis ini sebagai salah satu penyokong kehidupanmu di musim COVID-19.

Baca Juga :  Kenali Tanda-Tanda Hamil Anak Perempuan Berikut Ini

About the author