Cara Menyampaikan Ucapan Ramadhan 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Ada yang berbeda dengan Ramadan 2020. Indonesia dan dunia kini sedang berhadapan dengan musuh tak kasat mata, yakni virus corona atau Covid-19. Status dunia yang kini sedang menjadi pandemi, membuat setiap kita bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing dan orang sekitar dengan menekan angka penyebaran virus ini, adapun cara yang harus dilakukan adalah dengan tetap di rumah saja atas memutus rantai penyebaran. Untuk itu, ucapan Ramadhan 2020 tidak bisa kita sampaikan secara langsung dengan saling bersalaman dan memohon maaf sebelum menjalankan ibadah puasa.

Jika tahun tahun sebelumnya kita bisa menyampaikan ucapan Ramadhan 2020 secara langsung kepada teman di sekolah, teman di kantor, atau kepada kolega saat meeting berlangsung, kini hal yang menyangkut tatap muka harus ditekan sedemikian rupa.

Bahkan pemerintah melakukan beberapa langkah penekanan penyebaran Covid-19  dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar, Isolasi bagi pendatang, revisi cuti lebaran 2020, pelarangan mudik ke kampung halaman, hingga adanya edaran dari Kementerian Agama untuk menjalankan ibadah seperti salat tarawih rumah saja, bukan di masjid.

Semua aturan tersebut tentu membuat pelaksanaan Ramadan di Indonesia ini menjadi berbeda dan tidak semeriah tahun sebelumnya. Dalam surat edaran Kemenag Nomor 6 tahun 2020 bahkan menginstruksikan agar masyarakat tidak melakukan sahur atau buka puasa bersama, tilawah di rumah masing-masing, peniadaan berbagai acara buka bersama, peniadaan peringatan Nuzulul Quran, peniadaan itikaf 10 hari terakhir Ramadan, dan peniadaan salat tarawih berjamaah di masjid.

Semua usaha ini akan menjadi sia-sia kalau kita sebagai masyarakat tidak melaksanakannya atau justru melanggar aturan yang diberikan oleh pemerintah. Untuk itu, agar tetap terhubung dengan baik dengan orang-orang terdekat yang kini sulit kita jumpai, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk tetap menyampaikan ucapan Ramadhan 2020.

Baca Juga :  5 Aplikasi Instagram Download Terbaik

Cara Menyampaikan Ucapan Ramadhan 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

  1. Melalui pesan WhatsApp dan Email

Kamu bisa membuat kartu ucapan Ramadhan 2020 di berbagai web gratis yang ada. Kartu ucapan yang kamu buat bisa berdasarkan template atau berdasarkan desain kreativitasmu sendiri. Setelah dirasa bagus dan bermakna, kamu bisa mengirimkan kartu ucapan tersebut kepada orang-orang di sekitarmu yang tidak bisa kamu temui karena masa PSBB ini melalui pesan WhatsApp. Agar lebih personal, ada baiknya kamu mengirimnya melalui jalur pribadi, bukan di grup ataupun broadcast message.

  1. Memasang status dan story di Facebook atau Instagram

Memang tidak semua teman kamu miliki nomor handphonenya sehingga bisa kamu kirimi kartu ucapan selamat. Meski begitu, kamu bisa mengucapkan selamat Ramadhan kepada teman-temanmu dengan memasang status atau story di seluruh media sosialmu. Kamu bisa mengetik ucapan selamat menggunakan kartu ucapan elektronik yang kamu buat sebelumnya di berbagai web gratis yang ada atau bahkan menggunakan video yang kamu buat sendiri di rumah.

  1. Video Call melalui berbagai aplikasi

Untuk teman, sahabat, dan kerabat dekat, kamu bisa memilih untuk melakukan video call. Kuota yang semakin murah bisa mendukung kamu melakukan video call dengan berbagai aplikasi. Kalau kamu hanya butuh video call personal sampai 4 orang, kamu bisa menggunakan WhatsApp video call. Sedangkan kalau kamu akan melakukan video call ke banyak orang, kamu bisa menggunakan Skype ataupun Zoom.

Untuk menambah inspirasi ucapan Ramadhan 2020, kamu bisa mengecek berbagai quotes di https://review.bukalapak.com/others/ucapan-menyambut-ramadhan-atau-quotes-ramadhan-111302.

About the author