Cegah Tertular Covid-19, Terapkan Etika Batuk dan Bersin Berikut Ini!

Covid-19 kini serupa ancaman yang sangat menyeramkan bagi penduduk bumi. Penyakit menular ini disebabkan oleh jenis corona virus yang baru ditemukan dan mulai mewabah pertama kali di Wuhan, Cina pada Desember 2019. Adapun salah satu penyebaran virus ini adalah melalui percikan dari hidung atau mulut penderita saat batuk atau bersin. Untuk itu, penting bagi kita kiranya saat ini menerapkan etika batuk dan bersin sesuai standar WHO agar tidak tertular atau menularkan virus ini.

Orang yang terjangkit virus corona, bisa mengeluarkan percikan-percikan melalui mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Percikan yang keluar ini jatuh ke benda-benda dan permukaan-permukaan di sekitar.

Orang lain bisa saja menyentuh benda atau permukaan tersebut lalu menyentuh mata, hidung atau mulutnya, tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Jika ini terjadi, orang tersebut dapat terjangkit covid-19.

Penularan Covid-19 juga mungkin terjadi jika orang menghirup percikan yang keluar dari batuk dan bersin atau napas orang yang terjangkit Covid-19. Melihat mudahnya penyebaran virus ini, penting bagi kita untuk menjaga jarak lebih dari 1 meter dari orang lain agar tidak tertular virus ini.

Jika Anda saat ini sedang batuk atau memungkinkan bersin, terapkan etika batuk dan bersin sesuai standar WHO berikut ini!

  • Gunakan lengan atas atau siku untuk menutup mulut dan hidung saat bersin.
  • Jangan menutup mulut atau hidung Anda saat bersin dengan kedua tangan.
  • Buang segera tisu bekas batuk dan bersin ke tempat sampah terdekat dengan lokasi Anda batuk dan bersin.
  • Segera cuci tangan dengan sabun dibilas air mengalir setelah batuk atau bersin.
  • Jika di dekat Anda tidak ada sabun dan air, gunakan segera pembersih tangan atau hand sanitizer.
Baca Juga :  Ini yang Harus Dipahami Tentang PSBB di Tengah Wabah Corona

Sedangkan jika Anda termasuk orang sehat, lindungi diri Anda agar tidak tertular virus ini melalui beberapa cara berikut:

  1. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal ini dilakukan guna membunuh virus yang mungkin saja ada di tangan Anda.

  1. Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang sakit.

Saat batuk atau bersin, orang sakit atau terjangkit virus akan mengeluarkan percikan dari hidung atau mulutnya. Jika Anda terlalu dekat dengan orang batuk atau bersin itu, Anda dapat dengan mudah menghirup percikan ini yang bisa saja mengandung virus corona atau covid-19.

  1. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Tangan Anda telah menyentuh berbagai permukaan benda yang bisa saja ada virusnya. Virus yang terdaat pada permukaan bisa berpindah saat Anda menyentuh permukaan benda dengan tangan Anda. Tangan yang terkontaminasi virus ini bisa masuk ke mata, hidung atau mulut, dan menjadi titik masuk virus ini ke tubuh Anda sehingga Anda tertular covid-19.

  1. Pastikan Anda mengikuti etika batuk dan bersin

Untuk informasi lengkap mengenai etika batuk dan bersin bisa Anda baca di sini.

  1. Tetaplah tinggal di rumah jika merasa sakit

Jika sakit, jangan memaksakan diri untuk keluar rumah. Jika keadaan semakin darurat, segera lah cari pertolongan medis dan ikuti arahan pihak medis setempat.

  1. Hindari bepergian ke zona merah

Zona merah adalah zona di mana sudah banyak ditemukan pasien penderita covid-19. Sudah banyak tempat yang kemungkinan terkontaminasi virus ini. Untuk itu, demi menjaga kesehatan Anda, hindari bepergian ke daerah wabah ini.

About the author