djp online

Mengenal DJP Online Sebagai Fasilitas Pelaporan Pajak

 Melaporkan pajak ataupun membayar pajak sudah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun, terkadang, masyarakat Indonesia sedikit sulit untuk membagi waktunya datang ke kantor-kantor pajak wilayah untuk melaporkan pajaknya per tahun. Karena alasan inilah pemerintah khususnya Ditjen Pajak memberikan layanan untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan atau membayar pajak, melalui DJP online. DJP online Menjadi sarana pelaporan ataupun pembayaran pajak yang bisa diakses siapa pun dan dilakukan kapan pun, juga di mana pun. Nah, sebenarnya apa sih fungsi DJP Online ini dan bagaimana registrasinya untuk lapor pajak online?

djp online

Jika merujuk pada keterangan profil dari DJP online ini, disebutkan bahwa DJP online adalah layanan yang sama dengan Dirjen Pajak, hanya saja melalui sebuah jaringan maya. Sebagai bentuk maya dari Ditjen Pajak, DJP online memiliki fungsi yang sama dengan Ditjen Pajak. Fungsi-fungsi tersebut, merujuk pada laman DJP Online, di antaranya:

  • Sebagai perumusan kebijakan di bidang perpajakan;
  • Sebagai pelaksanaan kebijakan di bidang perpajakan;
  • Sebagai penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang perpajakan;
  • Sebagai pemberi bimbingan teknis dan supervisi di bidang perpajakan;
  • Sebagai pelaksana pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perpajakan;
  • Sebagai pelaksana administrasi Ditjen Pajak; serta
  • Sebagai pelaksana fungsi lain yang diberikan oleh Menteri Keuangan,

Dari butir-butir fungsi DJP online tersebut, dapat kita lihat kemudian jika membuka web DJP online bahwa kamu akan menemukan beberapa layanan yang fungsinya untuk memberikan sosialisasi, konsultasi mengenai pajak, ada juga layanan call untuk membantu masyarakatnya menyampaikan masukan terhadap DJP yang juga berarti menjalankan butir pertama. Dan yang terpenting adalah beberapa layanan yang memang digunakan untuk memenuhi butir-butir akhir dari fungsi DJP seperti pelaporan dan pembayaran yang bisa diakses melalui E-filling ataupun E-form.

Baca Juga :  Serba-Serbi SSE Pajak yang Perlu Anda Ketahui, Simak Ulasannya!

Jika kamu mulai mengetahui fungsi layanan DJP online ini, pasti kamu selanjutnya akan bertanya, bagaimana untuk turut serta berpartisipasi melapor pajak di layanan DJP online? Jawabannya tentu dengan registrasi terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

djp online

Cara registrasi pajak online sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendapatkan E-fin terlebih dahulu. Apa itu Efin? Efin merupakan Electronic Filling Identification Number. Efin ini fungsinya adalah untuk masuk ke layanan e-filling maupun e-billing.

Berikutnya, cara mendapatkan EFIN juga tidak sulit. Kamu cukup mengunduh formulir aktivasi Efin, kemudian isi, lengkapi dokumen, dan bawa ke kantor pajak. Dan setelah itu, kamu harus aktivasi EFIN dengan masuk ke DJP online. Kamu isikan nomor NPWP, ketik nomor EFIN, masukkan kode keamanan, submit, dan masukkan email konfirmasi dan password sementara.

Terakhir, setelah kamu memiliki akun, kamu tinggal registrasi e-filling di DJP online. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, buka halaman e-filling DJP online. Kemudian, masukkan NPWP kamu. Jangan lupa juga ketik kata sandi dan kode keamanan. Klik login. Dan setelahnya kamu siap melaporkan pajak dengan beberapa panduan atau upload SPT.

Nah, kurang lebih begitu cara melaporkan dan registrasi pajak via DJP online. Berhubung semakin pentingnya kita laporan pajak, demi membantu negara melihat transparansi dan laju ekonomi negara, kita wajib mengisi dan melaporkan pajak kita. DJP online menjadi solusi untuk mempermudah kamu membantu melaporkan pajakmu pada negara. Dengan demikian, setidaknya kita telah membantu negara dengan taat melaporkan pajak.

About the author