Umr Jakarta 1

Begini Strategi Jitu Atur Keuangan dengan Gaji UMR Jakarta

Hampir setiap sektor, kita akan menemukan anak-anak muda Jakarta yang berlomba-lomba memperjuangkan eksistensinya untuk bisa survive di ibu kota. Sebagai kota dengan gaji UMR tertinggi, tentunya selaras juga dengan tingkat gaya hidup masyarakatnya. Gaji UMR Jakarta yang tergolong tinggi tentunya berbanding lurus dengan gaya hidup masyarakat yang tinggi.  Gaji UMR Jakarta nyatanya masih terasa kurang jika dibandingkan dengan gaya hidup anak-anak muda saat ini yang cukup hedon dan lebih banyak mementingkan penggunaan brand produk ternama.

Gaya hidup masyarakat kota Jakarta yang cukup tinggi, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak muda millenial Jakarta. Sebagai anak millennial Jakarta, eksistensi dalam lingkaran pergaulan tentunya menjadi agenda penting setiap minggunya. Anak-anak muda millenial sangat terkenal dengan sulitnya mengatur keuangan dengan gaji umr sehingga pendapatan per-bulan hanya cukup untuk gali lubang dan tutup lubang. Kebiasaan ini yang akhirnya membuat anak-anak millenial Jakarta, boros terhadap pengeluaran. Boros dengan gaji UMR Jakarta, sebenarnya dapat disiasati dengan perencanaan keuangan yang tepat. Sehingga anak-anak muda millennial dapat memiliki asset atau tabungan untuk masa depannya. Nah berikut adalah strategi atur keuangan untuk anak-anak muda millennial Jakarta yang hidup dengan gaji UMR.

Gaji UMR Jakarat 2

Strategi Jitu Atur Keungan dengan Gaji UMR Jakarta

Mengatur Keuangan dengan membuat list pengeluran dalam sebulan

Penting bagi anak-anak muda untuk bisa merencanakan keuangan sedini mungkin. Mengatur keuangan setiap bulan dimulai dari menuliskan mana kebutuhan pokok, kebutuhan darurat, dan kebutuhan  tidak terduga lainnya. Mengatur keuangan pertama kali yakni dimulai dari penerimaan gaji setiap bulannya, dengan cara mencatat dan memisahkan. Mana dana untuk kebutuhan makan, kebutuhan transportasi, kebutuhan pulsa telepon, kebutuhan tempat tinggal, maupun dana darurat.

Baca Juga :  D-Bank, Rasa Baru Internet Banking Danamon

Untuk kebutuhan hidup di Jakarta dengan UMR di tahun 2020 sebesar Rp. 4.200.000 maka alokasi pengeluaran sehari-sehari disarankan tidak lebih dari 50% dari total gaji yang diterima. Hal ini untuk bisa menghemat pengeluaran dan biaya hidup sehari-hari.

Alokasikan dana untuk menabung

Langkah berikutnya adalah dengan mengalokasi dana untuk menabung. Dari total gaji yang diterima setiap bulannya, usahakan untuk alokasikan 10% untuk menabung. Tujuannya adalah agar suatu hari nanti dana tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan dana darurat atau sebagai dana impian, seperti untuk pendidikan, atau untuk membeli rumah.

Mulai Berinvestasi dengan nilai yang kecil

Sebagai anak-anak muda millennial tentunya tidak asing lagi dengan investasi. Maka dengan gaji UMR Jakarta tersebut mulailah menyisihkan 10% untuk dana investasi. Mulai terlebih dahulu dengan nilai investasi yang kecil namun tetap rutin. Sebagai tabungan di masa depan, investasi punya nilai tambah bagi aset yang akan kita miliki.

Membeli produk sesuai kebutuhan bukan atas dasar gengsi atau keinginan semata

Gaya hidup erat kaitannya dengan konsumsi barang yang branded dengan harga yang selangit. Nah untuk itu, pilihlah barang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan maupun gengsi. Hal ini tentunya dapat menekan biaya pengeluaran kebutuhan sehari-hari di kota Jakarta.

Disiplin dan Berhemat

Terakhir adalah lakukan perencanaan keuangan tersebut dengan disiplin dan harus berani berhemat. Karena kunci sukses bagi perantau Jakarta terutama anak-anak muda millenial adalah harus disiplin dalam perencanaan pengeluaran setiap bulan serta menghemat dari pengeluaran yang tidak perlu.

Nah pastinya dengan strategi tersebut, kita sebagai anak-anak muda millenial Jakarta, tidak perlu khawatir lagi untuk bisa hidup sesuai kebutuhan dan tetap bisa hidup dengan gaji UMR Jakarta. Memiliki standar gaji tinggi, juga harus dibarengi dengan strategi pengelolaan keuangan yang berkualitas dan benar. Sehingga kita masih tetap bisa hidup dengan tidak mengandalkan gaya hidup yang hedon.

Baca Juga :  Harus Tahu! Langkah Mudah Cek Resi TIKI Via Online

About the author