propolis 1

Beragam Manfaat Propolis untuk Kesehatan Kulit

Propolis mungkin jadi topik yang sangat hangat diperbincangkan saat ini. Ya, selain karena berfungsi sebagai obat minum untuk menjaga kesehatan, propolis ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat kecantikan kulit. Ya, mulai dari beruntusan hingga kulit kering nyatanya bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan yang berasal dari lebah madu ini.

Jika kamu belum banyak tahu tentang propolis, propolis merupakan produk turunan madu berupa getah yang hanya dihasilkan oleh lebah madu. Bahan ini dihasilkan kala lebah madu melakukan pencampuran getah pohon dengan zat alami dari tubuh mereka. Karena faktor alami dan tanpa tambahan zat kimia inilah, propolis jadi banyak manfaatnya untuk kesehatan terutama kesehatan kulit.

Beragam Manfaat Propolis untuk Kesehatan Kulit

  • Mengatasi beruntusan

Beruntusan nampaknya jadi hal yang hampir tiap orang alami, terutama saat pergantian musim terjadi. Hal ini karena pergantian udara yang ekstrem serta perlindungan kulit yang kurang sempurna, membuat kulit akan mengalami beruntusan. Meski hanya nampak kecil, beruntusan akan berubah menjadi jerawat meradang jika tidak tertangani dengan segera.

propolis 1

Propolis sendiri disinyalir mengandung 300 jenis senyawa aktif alami. Senyawa aktif tersebut beberapa diantaranya adalah resin, balsam, polifenol, flavoloid dan lain sebagainya. Senyawa-senyawa tersebut kemudian berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk memperbaiki kerusakan sel pada tubuh sehingga akan meredakan beruntusan yang terjadi di wajahmu.

  • Mengobati luka pada wajah

Karena mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh, manfaat berikutnya dari zat propolis ini adalah untuk mengobati luka pada wajah. Untuk hal ini, zat yang berfungsi untuk mengobati luka pada wajah adalah senyawa pinocembrin. Senyawa ini akan melawan peradangan dan mencegah berkembangnya mikroba pada luka di wajah.

Juga pada luka bakar, propolis juga akan merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit dengan kandungan anti inflamasi yang dimilikinya. Untuk prosesnya sendiri, zat yang ada pada propolis ini pertama-tama akan menenangkan sel peradangan, lalu kemudian merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Jadi kamu tak usah heran jika kemudian luka bakar ini akan sembuh dengan cepat.

  • Obat anti-radang kulit

Selain bruntusan dan luka pada wajah, masalah kesehatan kulit lain yang bisa diobati dengan menggunakan propolis adalah masalah kulit kering. Pada musim kemarau atau pergantian musim yang ekstrem terutama, kulit akan cenderung lebih kering dari biasanya.

Baca Juga :  Resep Nasi Kuning Rice Cooker Praktis yang Harus Kamu Coba di Rumah!

propolis

Penanganan yang tidak dilakukan dengan segera akan menjadikan kulitmu merah dan perih. Sebagai bahan yang punya zat antioksidan, propolis bisa digunakan sebagai obat anti radang untuk kasus-kasus seperti ini.

Adapun tahap yang akan dilakukan propolis untuk proses mengobati radang pada kulit antara lain adalah dengan mengurangi kemerahan, lalu akan merangsang produksi kolagen dalam kulit. Dengan proses ini, kulit kering akan jadi lembab seketika dan kemarahan akan terobati dengan sempurna.

Bagaimana? Banyak sekali bukan ternyata manfaat propolis. Maka tak heran jika kini banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan propolis di dalam kandungannya karena memang hasilnya sebagus itu.

Selain karena banyak manfaatnya, propolis juga teruji klinis lebih aman untuk dijadikan bahan produk kecantikan. Hal ini tak lain tak bukan adalah karena propolis merupakan bahan kimia alami yang tingkat ketidakcocokannya sangat rendah bagi kulit. Jadi, jangan kaget ya jika kini banyak produk perawatan wajah dari ujung kepala hingga ujung kaki menggunakan kandungan propolis!

About the author