SSD, Solusi Meningkatkan Performa Laptop Anda!

Apakah Anda memiliki laptop tipe lama tetapi membutuhkan peningkatan performanya? Atau apakah Anda berniat menyempurnakan laptop yang Anda miliki tanpa harus membeli laptop baru? Jika jawabannya Anda adalah iya, maka SSD dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

 

SSD (Solid State Drive atau Solid State Disk) merupakan salah satu perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data dengan menggunakan serangkaian IC sebagai memori. Fungsi perangkat ini sama seperti hardisk, namun memiliki kinerja yang lebih tinggi, cepat, dan menariknya memiliki konsumsi daya yang rendah. SSD juga dapat dikatakan sebagai perangkat elektronik yang dapat menyimpan data seperti hardisk, namun memiliki konstruksi seperti USB Flash Drive.

 

 

 

Berkaitan dengan komponen penyusun, secara umum, SSD menggunakan flash memori berbasis NAND. NAND merupakan salah satu jenis memori Non-Volatile yang tetap bias menyimpan data meskipun tegangan suplainya dimatikan. Nantinya, data yang disimpan dalam SSD ini akan tetap aman, bahkan hingga berusia 200 tahun.

 

 

Ada beberapa alasan bagi Anda untuk menggunakan SSD. Pertama, SSD memiliki kinerja yang lebih cepat sehingga Anda dapat lebih produktif dalam menggunakan waktu Anda. Kedua, daya yang digunakan SSD lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan hardisk. Jika saat menggunakan hardisk Anda membutuhkan 6-7 watt, maka saat Anda menggunakan SSD, Anda hanya membutuhkan daya 2-3 watt. Selain itu, SSD tidak memiliki komponen yang bergerak sehingga tidak menghasilkan suara bising, tidak ada getaran, dan juga tidak menghasilkan panas. Sebab, SSD menyimpaaannn   daaattta pada chip memori flash yang saling terhubung, bukan di dalam lapisan magnetik. Nantinya, chip-chip tersebut akan tertanam secara permanen pada kotak yang bentuknya mirip dengan hardisk atau pada motherboard. Hal ini juga yang menyebabkan SSD memiliki jauh lebih ringan.

Baca Juga :  Cermati Kelebihan dan Kekurangan Kompor Tanam agar Tidak salah Pilih Kompor

 

Saat ini harga SSD laptop di pasaran cukup beragam. Harga SSD yang ditawarkan mulai dari Rp 300.000,00 hingga Rp 800.000,00. Perbedaan harga ini dikarenakan perbedaan kapasitas yang ada di dalamnya. Semakin besar kapasitas, maka semakin tinggi harganya. Berikut beberapa daftar harga SSD laptop yang ada di pasaran saat ini:

 

Nama TipeHarga
Team L7 Evo 120GBRp 330.000,00
Kingston SSDNow V300 120GBRp 510.000,00
Team Ultra L5 240GBRp 720.000,00
Samsung 750 EVO 250GBRp 756.000,00

 

Apakah SSD sama dengan SSHD?

SSD berbeda dengan SSHD. SSHD (Solid State Hybrid Drive) merupakan komponen baru yang termasuk dalam komponen hybrid. SSD dapat menjadi solusi bagi Anda apabila Anda masih ragu dalam menentukan pilihan antara hardisk atau SSD.

 

SSHD menggunakan struktur komponen yang sangat mirip dengan SSD saat beroperasi. SSHD juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar seperti SSD. Bahkan, komponen SSHD memiliki waktu boot yang lebih cepat sehingga mendukung kinerjanya untuk lebih cepat. Jika dibandingkan dengan SSD, maka SSHD memiliki kecepatan tiga kali lebih cepat. SSHD juga memiliki teknologi hemat daya seperti halnya SSD. Sayangnya, SSHD ini masih sangat jarang dan produsennya pun sangat sedikit. Hal ini menyebabkan harganya yang sangat tinggi.

 

Perbandingan antara hardisk, SSD, dan SSHD: Antara Harga dan Performa

Jika dilihat dari harga dan performa antara hardisk, SSD, dan SSHD, SSD merupakan pilihan terbaik yang dapat Anda pilih. Spesfifikasi yang sangat baik dan harga yang cukup beragam menjadi keunggulan SSD dibandingkan produk sejenis lainnya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda dalam menentukan SSD yang akan Anda miliki!

Baca Juga :  Pengalaman Mendengarkan Musik Terbaik dengan Speaker Aktif Polytron PAS 27

 

About the author