aplikasi browser

Trik dan Kegunaan Lain Dari Aplikasi Browser Chrome

Anda yang sudah terbiasa menggunakan komputer atau ponsel pintar tentu sudah tidak lagi merasa asing dengan aplikasi browser bernama Chrome, atau lebih lengkapnya Google Chrome, karena memang aplikasi ini berasal dari Google. Ya, aplikasi ini memang menjadi salah satu aplikasi pencarian yang sangat populer di Indonesia, apalagi semakin kesini semakin banyak fitur tambahan yang bisa semakin mempermudah pekerjaan Anda.

Meski sudah acap kali digunakan, namun tidak semua orang bisa memaksimalkan aplikasi ini, karena sebagian diantara mereka hanya menggunakannya sekedar untuk mencari informasi, dan kemudian menutupnya kembali.

Untuk Anda yang masih menggunakan Chrome hanya sekedar untuk browsing, ini lho beberapa tips, trik dan kegunaan lain dari aplikasi ini.

  • Menginstal Ekstensi yang Tidak Resmi

Sebagian dari Anda mungkin akan merasa khawatir dengan aktivitas yang satu ini. Namun, jika memang ekstensi yang akan Anda install tidak berbahaya, maka Anda tidak perlu merasa was-was. Apalagi memang pada update-an terbarunya Google tidak lagi memperbolehkan pemasangan ekstensi yang tidak resmi.

Namun, sebenarnya Anda masih bisa kok melakukan pemasangan ini. Caranya? Anda bisa membuka halaman ekstensi dari Chrome dan kemudian masuk ke bagian Developer Mode, lalu melakukan drag-n-drop file ekstensi yang diinginkan (dalam format .crx) yang sebelumnya sudah Anda download.

  • Menyimpan Sebuah Halaman Dalam Bentuk PDF

Fitur yang satu ini sesungguhnya benar-benar bisa membantu pekerjaan Anda yang harus mendapatkan banyak informasi, namun memiliki koneksi internet yang terbatas, atau juga untuk keperluannya.

Ya, sebenarnya Anda bisa menyimpan sebuah halaman dari internet ke dalam file PDF, sehingga jika ke depannya Anda membutuhkan informasi yang ada di dalam halaman tadi, Anda tidak lagi perlu melakukan pencarian kembali.

Caranya? Untuk pengguna Windows, Anda hanya perlu menemukan tombol Ctrl + P secara bersamaan, kemudian pilih “Save as PDF”. Sedangkan untuk pengguna Mac tinggal menekan tombol Cmd + P. Mudah bukan?

  • Memperbaiki Kinerja Chrome yang Lambat

Hal lain yang juga bisa Anda lakukan ialah memperbaiki sendiri aplikasi ini ketika kinerjanya sudah mulai melambat. Pelambatan kinerja ini biasanya akan terasa jika Anda sudah menggunakannya selama beberapa jam berturut-turut. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan ialah dengan me-restart aplikasi browser ini.

Namun, Anda bisa melakukan cara lain yang lebih efektif dan juga aman. Caranya adalah dengan masuk ke bagian Tools lalu Task Manager, dan kemudian aturlah daftar yang menggunakan Memory. Lalu, klik bagian Website dan Ekstensi yang memakan banyak memori, dan langkah terakhirnya tinggal mengklik End Process.

  • Mengungkap Password yang Tersembunyi

Fitur yang satu ini mungkin bisa sedikit berbahaya, itu sebabnya Anda tidak boleh sembarangan melakukannya. Sebagian besar dari Anda mungkin belum tahu bahwa ternyata Google Chrome bisa mengingat dan secara otomatis mengisi password yang sudah pernah dimasukkan, namun dilakukan secara tersembunyi.

Lalu, bagaimana cara mengintipnya? Cukup mudah, yakni dengan masuk ke Developer Tools, atau Anda bisa langsung menuju ke tautan chrome://settings/passwords. Namun sekali lagi, Anda tidak disarankan untuk melakukan hal ini dengan niatan yang bisa merugikan orang lain.

Nah, itu beberapa trik dan kegunaan dari Chrome yang selama ini mungkin belum Anda ketahui. Selain dari beberapa hal yang sudah dijelaskan tadi, sebenarnya aplikasi browser ini juga memiliki banyak kegunaan lainnya. 

Baca Juga :  DJI Tello, Drone Praktis Buat Traveling

About the author