cara membersihkan mesin cuci

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Bagi ibu-ibu jaman modern, kehadiran mesin cuci memang sangat membantu. Karena selain bisa mencuci dengan cara yang praktis, hasilnya juga tidak kalah bersih dengan hasil cucian tangan. Namun sayangnya, terkadang mesin cuci yang membantu kita sehari-hari tiba-tiba mati. Tidak bisa digunakan. Bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan mesin cuci adalah karena kita tidak pernah rutin membersihkan dan merawatnya. Selain mengalami kerusakan, akibat tidak sering membersihkan mesin cuci lainnya adalah timbul bau tidak sedap dari dalam mesin cuci dan tersumbatnya selang pembuangan air. Cara membersihkan mesin cuci tidak hanya dilap bagian luarnya saja. Tapi juga dibersihkan bagian dalamnya. Berikut ini langkah-langkah cara membersihkan mesin cuci front loading yang bisa dilakukan sendiri di rumah :

1.      Hal pertama yang harua kita lakukan adalah membersihkan residu detergent. Caranya sangat mudah. Kosongkan mesin dengan cara mengambil baju kotor yang ada dalam mesin. Lalu tuangkan air panas. Jalankan mesin cuci seperti biasa. Air panas ini berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa detergent yang masih mengendap dalam mesin cuci

2.      Cara membersihkan mesin cuci lainnya adalah, buanglah air panas tersebut. Lalu gantilah dengan air panas baru yang dicampur dengan dua cangkir air cuka. Nyalakan mesin cuci seperti biasa. Cara ini dimaksudkan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mesin cuci.

3.      Langkah cara membersihkan mesin cuci selanjutnya adalah ambillah laci yang biasa digunakan untuk menuang detergen. Bawalah ke wastafel dan rendamlah. Lalu goso dengan sikat gigi yang tidak terpakai hingga bersih.

4.      Ambillah lap yang telah dibasahi dengan air hangat. Lap ini bisa kita gunakan untuk membersihkan pintu mesin cuci baik dari dalam maupun dari luar. Lap secara perlahan. Bersihkan tiap sudut pintu mesin cuci sebaik mungkin.

Baca Juga :  Kipas Angin AC Panasonic; Merek Terekomendasi

5.      Setelah itu, isi kembali mesin cuci dengan air dingin untuk membersihkan bagian selang dan tabung. Lalu bersihkan mesin dengan cara mengelapnya dengan lap kering dan bersih. Mesin cuci siap digunakan kembali.

 

Baca Juga: Mesin Cuci yang Bagus

 

Itu adalah langkah membersihkan mesin cuci front load atau bukaan depan. Bagi yang mesin cucinya top load atau bukaan atas, berikut langkah-langkah cara membersihkan mesin cuci dengan baking soda..

1.      Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah kosongkan mesin cuci dari pakaian kotor dan lain sebagainya. Isilah dengan air panas dan nyalakan mesin pencucian seperti biasanya.

2.      Cara membersihkan mesin cuci selanjutnya adalah isi mesin cuci dengan air panas. Tambahkan setengah cangkir baking soda dan 3,5 cangkir cuka putih. Lalu nyalakan mesin seperti biasa selama 30 menit. Setelah itu biarkan mesin cuci dalam rendaman air cuka selama 30 menit.

3.      Setelah itu, putar kembali mesin. Ini dimaksudkan untuk membuang sisa detergen yang masih menempel pada mesin. Agar mesin cuci bersih kembali dari residu detergent yang membuat kotor.

4.      Cara membersihkan mesin cuci top load yang terakhir adalah, siapkan lap bersih yang telah dicelupkan pada cuka putih. Lalu gunakan untuk membersihkan mesin cuci bagian dalam maupun luar. Setelah itu biarkan mesin cuci mengering dulu sebelum digunakan kembali.

cara membersihkan mesin cuci

Itulah beberapa cara membersihkan mesin cuci baik yang model top load ataupun model front load. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya lakukanlah secara rutin dan berkala. Karena, selain akan menghasilkan mesin cuci yang bersih, juga akan mengawetkan mesinnya. Silakan mencoba!

About the author