Inspirasi Resep Bolu Kukus Lezat dan Sederhana

Jika biasanya Anda hanya menikmati bolu kukus, kini Anda wajib mencoba resep bolu kukus yang nikmat dan sederhana yang bisa dibuat di dapur Anda sendiri. Kue berbentuk bunga mekar yang bertekstur lembut dan rasanya manis ini memang menarik untuk dinikmati kapan pun. Bolu kukus juga bisa dengan mudah dibeli di toko-toko kue di sekitar kita. Namun sebenarnya Anda tidak perlu repot membelinya karena Anda bisa langsung membuatnya sendiri. Jangan khawatir, cara pembuatannya mudah dan bahan-bahan yang digunakan tidak mahal. Oleh karena itu, Anda memerlukan resep bolu kukus yang enak dan sederhana.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba membuat bolu kukus, mungkin cara membuat bolu kukus mekar akan terasa gampang-gampang susah. Namun, jika Anda terbiasa dan semakin sering membuatnya, maka proses pembuatan bolu kukus ini akan semakin mudah. Selain itu, Anda juga bisa berkreasi lebih luas lagi misalnya dengan membuat bolu kukus mekar pelangi yang memiliki beraneka ragam warna. Namun untuk permulaan, Anda bisa mencoba memasak dengan resep bolu kukus yang lebih mudah dulu.

Adapun bahan-bahan untuk membuat bolu kukus mekar yaitu :

  1. 280 gram Tepung terigu (sebaiknya tepung terigu ini diayak terlebih dulu agar halus dan tidak ada gumpalan)
  2. 2 sendok kecil Emulsifer (merek TBM, SP, dll), gunanya ini untuk melembutkan tekstur bolu.
  3. 200 gram gula pasir
  4. 225 ml air soda (sebaiknya air soda yang tawar)
  5. Setengah sendok kecil baking powder
  6. Satu butir telur ayam
  7. Setengah sendok kecil vanili
  8. 2 macam pewarna makanan (pilih yang aman dan layak dikonsumsi)
  9. Kertas roti untuk alas cetakan
  10. Cetakan bolu khusus (sebaiknya dari alumunium)

 

Setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, kemudian lakukan tahapan pembuatan bolu kukus berikut :

  1. Campurkan tepung terigu dengan vanili bubuk dan baking powder, aduk hingga merata.
  2. Di wadah yang lain, masukkan telur ayam, emulsifier, dan gula pasir lalu dikocok dengan mixer berkecepatan sedang selama 10-12 menit hingga adonan mengembang.
  3. Masukkan air soda tawar sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil tetap dikocok sampai air sodanya habis dan adonan tercampur rata.
  4. Adonan tepung di wadah pertama masukkan ke dalam adonan yang sudah dikocok tadi secara perlahan sedikit demi sedikit lalu aduk kembali seluruh adonan tersebut sampai rata dan tidak ada gumpalan.
  5. Ambil sedikit 2 bagian adonan untuk dicampur dengan pewarna makanan lalu aduk sampai tercampur dan warnanya rata. Warna disesuaikan dengan selera, yang penting harus aman dikonsumsi.
  6. Setelah adonan sudah diwarnai, siapkan cetakan bolu kukus dan alasi dengan kertas roti supaya tidak lengket.
  7. Adonan yang pertama dituang di bagian bawah yaitu adonan berwarna putih (tidak diberikan pewarna). Lalu setelah itu bagian atasnya dituang adonan yang sudah diberi pewarna. Ulangi sampai adonan habis.
  8. Adonan telah siap untuk dikukus. Sebelumnya siapkan dulu panci kukusan dan didihkan air di Masukkan cetakan kue ke dalam panci kukus lalu beri tutup kain di bagian atasnya supaya uap airnya tidak kembali ke kuenya.
  9. Masak adonan di dalam panci kukusan selama 10-12 menit hingga adonan sudah matang dengan sempurna dan mengembang.
  10. Setelah adonan terlihat mengembang dan matang, angkat dan sajikan. Kue bolu kukus siap dinikmati.
Baca Juga :  Pengalaman Mendengarkan Musik Terbaik dengan Speaker Aktif Polytron PAS 27

Ingin coba resep bolu kukus lezat lainnya? Klik di sini untuk mencoba resep bolu kukus nikmat lainnya ya!

About the author