lampu kulkas mati

Cara Perbaiki Lampu Kulkas Mati

Pernahkah kita merasa ada yang janggal dengan kulkas yang kita miliki? Ketika membuka pintu terlihat gelap. Bukankah biasanya kulkas kalau dibuka terlihat terang. Segala isi kulkas terlihat semua. Mengapa sekarang menjadi gelap? Bahkan bisa menjadikan salah ambil barang dalam kulkas? Ini terjadi tanpa kita sadari bahwa lampu kulkas mati. Sehingga kulkas terlihat gelap.

Lampu kulkas berfungsi untuk menerangi dalam kulkas. Sehingga kita bisa melihat dalam kulkas saat kita membukanya. Sistem lampu kulkas menggunakan open close door secara otomatis. Saat kita membuka pintu lampu menyala. Begitupun sebaliknya. Jika kita tutup pintu kulkas, maka secara otomatis lampu kulkas akan mati.

Bagi ibu-ibu, peran barang elektronik yang bernama kulkas sangatlah penting. Karena, selain bisa mnegawetkan makanan, menyimpan sayur, buah dan ikan, kulkas juga berfungsi untuk membekukan air menjadi es. Jadi, apabila kulkas ada masalah, maka ada masalah juga pada fungsi dapur.

Bagaimana jika lampu kulkas mati? Apa penyebabnya? Ada dua hal yang bisa menjadi kemungkinan. Kemungkinan pertama, lampu kulkas mati tapi tetap dingin. Dan kemungkinan kedua lampu kulkas mati kulkas tidak dingin. Kalau kemungkinan kedua, jelas masalah mungkin terletak pada mesinnya. Sedangkan kemungkinan pertama, karena memang lampunya yang rusak dan minta diganti.

 

Baca Juga: Merk Kulkas Terbaik

 

Bagaimana cara memperbaiki lampu kulkas yang mati? Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Berikut langkah-langkahnya :

1.       Carilah Posisi Lampu

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari posisi lampu. Mudah saja. Buka tutup pintu kulkas. Lalu cari di sebelah tombol on/off otomatis lampu pada open/close door kulkas. Lepaskan baut penutup. Setelah penutupnya terbuka, lepaskan lampu dari fittingnya. Dan ingat! Sebelum mengutak-atik, pastikan cabut dahulu saklarnya. Agar tidak ada aliran listrik yang masih masuk dalam kulkas. Bahaya jika masih ada arus listrik yang masuk dalam kulkas.

Baca Juga :  Liburan Belum Lengkap Tanpa Mengunjungi Pura Lempuyang Luhur dan Pura Besakih

2.       Cari Lampu Pengganti

Langkah selanjutnya, bawa lampu kulkas yang sudah terlepas ke toko lampu. Carilah lampu yang sama. Tinggal bawa saja. Karena toko elektronik pastilah sudah paham apa yang kita maksud. Tidak sulit untuk menemukan lampu kulkas. Karena sebagian besar toko elektronik menjualnya. Pilihlah yang sesuai spesifikasi. Jika kita tidak terlalu paham, mintalah pertimbangan pada penjual. Selain itu, jangan lupa uji coba. Dan buat perjanjian. Jika lampu tidak bisa dipasang, boleh ditukar lagi.

 

Baca Juga: Merk Mesin Cuci Terbaik

 

3.       Pasang Kembali Lampu Yang baru

Setelah lampu yang baru kita dapatkan, bawa pulang dan langsung pasangkan pada fittingnya. Baut kembali penutupnya agar tidak lepas. Lalu coba nyalakan tombol kecil otomatis open/close di sebelah pintu. Jika saat kulkas dibuka lampu menyala, maka sudah bisa dipastikan bahwa kerusakan hanya ada pada lampunya. Bukan kulkas pada keseluruhannya. Lampu kulkas mati karena lampunya sudah rusak dan minta diganti. Biasanya, kalau kulkas lama tidak dipakai atau dinyalakan, bisa menyebabkan lampu kulkas mati.

Ternyata, sangat mudah sekali memperbaiki barang elektronik di rumah secara sederhana. Termasuk lampu kulkas mati. Jadi tidak perlu memanggil ahlinya dan membuang uang hanya untuk kerusakan sederhana seperti ini.

lampu kulkas mati

Pertanyaan selanjutnya, berapakah kisaran harga lampu kulkas? Kisaran harga lampu kulkas tidaklah mahal. Tergantung dari merk lampunya. Tapi rata-rata dibandrol dengan harga 30 sampai 40 ribu. Selain tergantung merk, tergantung juga toko penjualnya. Maka carilah yang sesuai keperluan dan kemampuan kantong kita.

About the author