casing HP

Macam-macam casing handphone

Semakin pesatnya kemajuan teknologi terutama handphone membuat semakin pesatnya pula produksi aksesoris yang memiliki berbagai fungsi dan manfaatnya. Salah satu aksesoris yang saat ini hadir dengan berbagai fungsi, bahan, dan model yaitu casing handphone, casing handphone yang pada dasarnya berguna untuk melindungi handphone dari lecet ataupun kerusakan lain kini hadir dengan berbagai varian yang bisa di pilih sesuai keinginan dan budget pembeli.

Pada dasarnya tidak semua handphone di buat dengan bahan yang dapat melindungi seluruh bagian handphone dari benturan maka dari itu diperlukan adanya pelindung handphone. Namun banyak orang yang masih belum tau jenis maupun kegunaan dari casing handphone selain untuk pelindung handphone. Berikut kita bahas mengenai jenis-jenis pelindung handphone sesuai kegunaan dan bahan yang digunakan.

Macam-macam casing handphone

casing HP
casing HP
  1. Softcase

Softcase merupakan casing yang paling banyak peminatnya, karena terbuat dari bahan yang lunak dan fleksibel sehingga nyaman dalam penggunaannya. Bahan yang digunakan untuk softcase biasanya terbuat dari silicon, karet, maupun busa. Dengan desain yang beragam sehingga terlihat lebih stylish, terlebih saat ini semakin banyaknya softcase yang bisa di desain sesuai keinginan. Namun softcase ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Lebih mudah kotor dan warnanya mudah berubah
  • Kurang bisa menyerap maupun menyalurkan panas handphone sehingga dapat membuat handphone menjadi overheat.
  • Lebih mudah longgar sehingga ukurannya menjadi tidak pas.

2.Hardcase

Hardcase merupakan jenis casing yang terbuat dari bahan keras, seperti aluminium, polycarbonate, plastik fiber. Desain hardcase lebih kokoh dan dan mengkilap sehingga menampilkan kesan mewah namun hardcase memiliki desain yang kurang beragam karena bahannya yang keras sehingga sulit untuk membentuknya. Sesuai dengan namanya hardcase memiliki ketahanan yang lebih lama bahkan mampu menyerap kelebihan panas pada handphone sehingga aman bermain game dalam jangka waktu yang lebih lama.  Kekurangan hardcase, yaitu:

  • Karena bahan nya yang keras sehingga lebih rentan pecah jika terkena benturan
  • Pemasangan hardcase juga lebih sulit karena materialnya yang terlalu keras.
  • Pemakaian lebih susah karena ukuran yang besar dan bahan yang lebih berat sehingga susah untuk memasukkan handphone kedalam saku.
Baca Juga :  DJI Tello, Drone Praktis Buat Traveling

3.Silicon case

Silicon case yaitu casing yang terbuat dari silicon bahan yang lebih lentur dan sangat menyatu dengan handphone, memiliki ukuran yang tipis dan ramping serta sangat lembut digenggam sehingga nyaman dalam penggunaan, ringan dan dapat masuk ke dalam saku. Namun penggunaan silicon case memiliki kekurangan dalam segi ketahanan dan keawetan, karena bahannya yang cenderung tipis sehingga mudah sobek, warnanya pun mudah mudar dan sangat mudah longgar terlebih jika sering di lepas pasang. Dalam hal menghantarkan panas silicon case juga sangat buruk, karena tidak mampu menyerap panas handphone, sehingga handphone lebih cepat panas, jika ingin menghilangkan panas handphone, silicon case harus dilepas terlebih dahulu.

4. Flip case

Flip case merupakan casing dengan proteksi yang tinggi, karena menutup handphone secara menyeluruh dari sisi depan dan belakang. Bahkan dengan penggunaan flip case maka akan mencegah open lock secara tidak sengaja dan  juga screen press yang dapat membahayakan laya handphone. Dengan desain yang unik, flipcase dapat digunakan juga untuk tumpuan handphone sehingga sangat nyaman dalam melihat layar handphone tanpa perlu memegangnya.

Macam-macam casing handphone

Bahan yang digunakan flip case yaitu bahan kulit sintetis yang menambah kesan mewah sekaligus unik, dan desainnya pun multi fungsi, dapat digunakan juga untu menyimpan kartu maupun uang sehingga tidak perlu banyak membawa barang ketika bepergian. Kekurangan flip case yaitu tidak dapat di simpan di saku dan ukuranya relatif lebih besar sehingga terasa penuh saat di genggam

About the author