alat tulis

Mengenal macam-macam alat tulis kantor yang wajib anda ketahui

Dalam sebuah perkantoran kelengkapan peralatan kantor sangatlah penting, sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Karena peralatan kantor akan menunjang sistem kerja yang beroperasi, diantara perlengkapan peralatan kantor itu adalah alat tulis kantor atau ATK. Meskipun tampak remeh tapi ketersediaan alat tulis kantor ini tidak boleh dipandang sebelah mata, karena fungsinya juga berperan penting dan tidak bisa dilepaskan dari urusan kantor setiap hari.

alat tulis
alat tulis

Mengenal macam-macam alat tulis kantor yang wajib anda ketahui

  1. Pengertian Alat Tulis Kantor

Apa itu alat tulis kantor ?

Apakah alat tulis kantor berbeda dengan alat tulis biasa ?

Alat tulis kantor adalah alat – alat yang berhubungan dengan tulis menulis dan segala yang berkaitan dengan keperluan catat mencatat dikantor. Pada dasarnya alat tulis kantor dan alat tulis biasa itu sama saja, hanya saja alat tulis kantor itu jelas lebih lengkap dan beragam jenisnya, serta lebih banyak jumlahnya, mengingat kantor adalah tempat yang kebutuhannya lebih luas dan komplek.

Jika pada alat tulis biasa, cukup ada pensil, bolpen, rautan , penghapus dan buku, maka dikantor kita akan menemukan banyak alat – alat yang lain. Masing – masing alat tulis kantor memiliki fungsi sendiri – sendiri dan semua fungsinya berbeda untuk menghasilkan data dan gambar.

  1. Jenis Alat Tulis Kantor

Apa saja yang termasuk alat tulis kantor ?

Secara umum alat tulis kantor terbagi menjadi empat  macam

a. Alat menulis

Yang pertama yang masuk dalam kategori alat tulis, yaitu bolpen, pensil, pena, rautan, spidol, pensil warna, penghapus. Nah alat – alat ini semuanya digunakan untuk menulis. Karakter tulisan atau gambar yang dihasilkan juga berbeda, pensil misalnya. Grafit yang dibungkus dengan kayu ini biasanya digunakan untuk membuat coretan, mengedit memberi tanda dan lain – lain, huruf yang dituliskan tidak tebal dan tidak bisa bertahan lama, karenanya biasanya pensil hanya digunakan untuk membantu merancang laporan atau data.

Baca Juga :  Tips Belanja Hemat di Harbolnas Promo

Nah kebalikan dari pensil yang tipis dan rentab tulisannya, kita mengenal bopen sebagai pena yang ujungnya sengaja dibuat bulat, diameter inilah yang mengatur tinta keluar, penggunaan bopen lebih banyak dam lebih efektif dibanding alat tulis kantor lainnya.

Nah ada juga spidol, spidol mulai dari warna hitam yang paling sering digunakan hususnya dipapan white board , ada juga model stabilo untuk memberi tanda. Spidol biasanya berguna sebagai alat tulis kantor yang berhubungan dengan gambar.

b. Buku

Nah setelah ada alat tulis berarti kita butuh buku, inilah macam alat tulis kantor kedua kelompok buku, variasi buku yang bermacam – macam dengan berbagai macam fungsi yang ditawarkan, sangat membantu kantor menyelesaikan sistem kerjanya.

Ada buku tulis biasa, ada buku agenda,  ada buku kwarto , buku gambar dengan bermacam ukuran,  buku akuntansi,dan seterusnya.

c. Kertas

Bagian ketiga adalah alat tulis kantor berupa kertas, yang terdiri dari bermacam kertas seperti HVS , folio , kwitansi, nota,surat jalan dan lain – lain. Termasuk alat kantor berupa file seperti bermacam amplop , map dan seterusnya.

3. Peralatan pendukung

Dan bagian terahir peralatan kantor pendukung, isinya diantaranya  gunting, staples, plaster, rak, lemari, papan tulis,kalkulator ,  Dan lain – lain yang sifatnya membantu urusan kantor.

Nah sudah kenal kan dengan macam – macam alat tulis kantor? Nah alat – alat kantor sendiri terbuat dari bermacam bahan, ada yang dari plastik, ada yang dari kayu, alat – alat mekanik. Nah sekslipun tampak seperti barang – barang kecil, tapi alat – alat tulis kantor juga wajib dijaga dan diperhatikan perawatannya, perlu ditata rapi sesuai dengan tingkat kebutuhannya.

Baca Juga :  Masker wajah alami dari limbah rumah tangga

 

 

 

About the author