penyebab lampu kulkas mati

Penyebab Lampu Kulkas Mati

Kulkas adalah salah satu barang elektronik rumah tangga yang tidak bisa diabaikan. Karena, fungsi kulkas selain sebagai pendingin juga bisa digunakan untuk mengawetkan makanan. Apalagi jaman di mana makanan serba instan. Beberapa produk freez food yang praktis tinggal goreng mengharuskan untuk menyimpannya di freezer dalam keadaan beku agar bakterinya tidak tumbuh subur.

Seiring berjalannya waktu, model dan bentuk kulkas bermacam-macam. Ada yang satu pintu, dua pintu dan lebih dari 4 pintu. Kita bisa membelinya tergantung dari kebutuhan rumah. Kalau hanya untuk kebutuhan rumah biasa, memakai yang satu atau dua pintu cukup. Karena begitu pentingnya kulkas untuk peralatan rumah tangga, maka seperti ada keseimbangan dapur yang goyah saat kulkas tiba-tiba ada masalah.

Mungkin sesekali waktu kita pernah merasakan. Tiba-tiba lampu kulkas mati. Apa penyebab lampu kulkas mati? Atau penyebab lampu kulkas tidak menyala. Ada dua kemungkinan. Lampu kulkas mati tapi kulkas masih dingin. Dan lampu kulkas mati tapi kulkas masih terasa dingin dan freezernya juga masih bisa digunakan untuk membekukan.

Ada beberapa hal yang bisa kita periksa saat tiba-tiba menemukan lampu kulkas mati. Untuk menemukan penyebab lampu kulkas mati.

Pertama, coba colokkan saklar kulkas pada stop kontak. Jika lampu menyala, berarti sudah ada aliran listrik yang masuk ke kulkas. Tapi bagaimana jika lampu kulkas tidak menyala?

Kedua, periksa bagian kompresor. Jika ada getaran halus, berarti kulkas masih bekerja dengan baik. Kompresor adalah sebuah benda yang berwarna hitam mirip tabung gas yang berada di bagian bawah kulkas.

Ketiga, coba dengarkan ada suara tik tik tik atau tidak. Jika masih ada, berarti bagian overload kulkas tidak ada masalah

Baca Juga :  Nonton Online Drama Korea Terbaik

Keempat, lepaskan kabel kulkas dari stop kontak. Lalu buka penutup nempel di kompresor. Buka bautnya pelan-pelan. Lalu ambil tutup tersebut.

Kelima, lepaskan relay. Caranya cukit di bagian bawah dengan obeng ke arah luar. Goyangkan di dekat telinga. Jika tidak mendengar suara apa-apa berati relay tidak ada masalah.

Setelah kita lakukan pengecekan dan menghasilkan kesimpulan bahwa kulkas masih bekerja dengan baik, berarti penyebab lampu kulkas mati karena masalah pada lampunya sendiri. Cara membenahi lampu kulkas yang mati bisa dilakukan langkah-langkah berikut :

1.       Buka Penutup Lampu Kulkas

Lampu kulkas didesign otomatis melalui sistem open/close door. Saat pintu dibuka, secara otomatis lampu kulkas akan menyala. Lampu ini berfungsi sebagai alat penerang dalam kulkas sehingga kita bisa melihat seluruh isi kulkas dan tidak salah mengambil barang. Buka baut penutupnya dan lepaskan lampu dari fittingnya.

 

Baca juga: Harga Kulkas Polytron

 

2.       Beli Lampu Serupa Di Toko Listrik

Setelah kita paham penyebab lampu kulkas mati, pergilah ke toko listrik untuk membeli lampu serupa. Petugas toko pasti sudah paham. Sebelum membawa pulang lampu, sebaiknya dicoba dulu.

3.       Pasang Lampu Baru Pada Fitting

Ketika lampu pengganti sudah didapat, langsung pasangkan pada fitting dan tutup kembali dengan baut. Lalu coba buka tutup pintu kulkas. Jika lampu sudah menyala saat kulkas dibuka, maka penyebab lampu kulkas mati sudah teratasi.

penyebab lampu kulkas mati

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengetahui apa penyebab lampu kulkas mati. Jadi, kita bisa mencoba nembetulkan sendiri kerusakan alat rumah tangga. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya bisa diatasi sendiri.

About the author