Resep Nasi Kuning Rice Cooker Praktis yang Harus Kamu Coba di Rumah!

Untuk sebagian orang yang mungkin bosan dengan nasi putih, nasi kuning bisa jadi alternatif kuliner yang mengenyangkan. Jika selama ini di bayangan membuat nasi kuning itu sangat sulit, maka sudah saatnya pola pikir tersebut diubah karena resep nasi kuning rice cooker itu memungkinkan loh! Ya benar, kamu bisa memasaknya dengan menggunakan rice cooker.

Nasi kuning sendiri adalah nasi berbumbu rempah dengan bahan dasar nasi putih, yang kemudian diolah dengan pewarna makanan kunyit jadi warna kuning. Hal ini kemudian menjadikan nasi kuning jadi lebih gurih dan harum dibandingkan dengan nasi putih biasa. Karena perbedaan ini pula, nasi kuning biasanya hadir di moment-moment spesial seperti acara ulang tahun, acara pernikahan, peresmian dan lain sebagainya.

Nah jika kamu sudah penasaran dengan cara membuat nasi kuning rice cooker yang spesial, kamu bisa langsung menyimak resep nasi kuning berikut ini!

  1. Menyiapkan bahan-bahan untuk membuat nasi kuning rice cooker

Bahan-bahan yang akan digunakan antara lain adalah 1 kg beras, 5 cm kunyit, 2 cm lengkuas, 900 ml santan, 1 buah kelapa tua, 2 lembar daun pandan, 2 batang serai, 4 lembar daun salam, 5 cm jahe, 5 buah bawang merah dan 4 sendok teh garam.

  1. Menyiapkan rempah nasi kuning

Bahan yang tak boleh ketinggalan dalam membuat nasi kuning rice cooker ini tentu saja beras putihnya ya. Untuk berasnya, mencuci bersih beras terlebih dahulu hingga bersih lalu rendam dengan air. Selanjutnya, haluskan kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, dan garam lalu masukkan ke dalam campuran santan dan aduk rata.

  1. Memasukkan semua bahan

Sembari merendam beras yang akan dijadikan bahan bakar nasi, masak santan sampai mendidih. Kemudian, buang air rendaman beras lalu tuang santan yang sebelumnya telah direbus tadi ke beras sambil disaring. Kamu bisa menunggu terlebih dahulu hingga air santan setengah dingin atau langsung memasukkan rebusan air santan tersebut sedikit demi sedikit dengan tetap berhati-hati ya!

  1. Memasak nasi kuning dengan rice cooker
Baca Juga :  Dua Resep Sayur Asem Penggugah Selera yang Wajib Anda Coba di Rumah!

Jika semua bahan sudah siap, masukkan beras dan campuran santan ke dalam rice cooker dengan ditambahkan daun salam dan batang serai. Aduk-aduk sebentar hingga tercampur rata lalu nyalakan tombol ‘on’ pada ricecooker

Setelah matang, matikan aliran listrik pada rice cooker dan segera aduk-aduk nasi kuning sembari mengambil daun salam dan serai yang tadi dimasukkan ke dalam bahan-bahan sebelum dimasak. Dalam praktiknya, kamu juga bisa menambahkan daun pandan jika ingin mendapatkan nasi kuning rice cooker yang wangi dan menggugah selera.

Dalam penyajiannya, biasanya nasi kuning tidak sendiri. Ada beberapa lauk pendukung lainnya yang biasanya disusun mengelilingi menu nasi kuning itu sendiri. Beberapa contoh lauk yang bisa jadi pelengkap nasi kuning diantaranya adalah telur balado, orek tempe, ayam goreng atau ayam bakar, tomat, timun, mie goreng, ayap, sambal, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk nasi kuningnya sendiri, sebenarnya ada versi yang bisa ditemukan di masyarakat. Di antaranya adalah nasi kuning banjar yang menggunakan sedikit lebih banyak kunyit sehingga ada rasa kuat kunyitnya, dan ada pula nasi kuning mentega yang menggunakan bahan mentega untuk lebih membuat tekstur halus nasi dan lain sebagainya.

Dan untuk pengajiannya, nasi kuning bisa dibentuk kerucut atau dicetak dengan mangkok bulat.  Mudah kan cara membuat nasi kuning rice cooker di atas? Selamat mencoba!

About the author