Ponsel 2 Jutaan Vivo Y15, Layak Beli Kah?

Meski terhitung sebagai pemain baru di dunia ponsel Indonesia, Vivo dengan cepat telah memiliki penggemarnya sendiri. Hal ini membuat Vivo terus berinovasi mengeluarkan produk terbaiknya. Kali ini, Vivo mengeluarkan Vivo Y15. Harga Vivo Y15 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 2 jutaan saja ini memiliki berbagai fitur menarik. Penasaran dengan ponsel ini? Yuk simak ulasan soal spesifikasi ponsel ini.

Layar

Ponsel ini dilengkapi dengan layar IPS dengan luas 6,35 inch. Terdapat notch atau poni berbentuk tetesan air namun tidak terlalu mengganggu penampilan keseluruhan. Sayangnya, resolusi ponsel Vivo Y15 ini belum FullHD. Resolusinya HD+ 720 x 1544 pixels dengan kerapatan pixel 268 ppi. Meski demikian, layarnya masih cukup tajam dan bening. Masih bisa ditoleransi untuk hal yang satu ini.

Desain

Desain ponsel ini terbuat dari bodi plastik polikarbonat. Walaupun terbuat dari bahan plastik, finishing casingnya terlihat menyerupai pecahan kaca sehingga membuatnya tampak elegan. Bisa dibilang Vivo Y17 ini hampir mirip dengan pendahulunya yakni Vivo Y12. Dengan bobot sekitar 190 gram dan tebal 9mm, membuat ponsel ini cukup nyaman digenggam meski agak sedikit bulky.

Baterai Vivo Y15

Salah satu spek Vivo Y15 yang paling menarik adalah soal kapasitas baterai. Kapasitas baterai ponsel buatan Tiongkok ini sebesar 5000 mAh. Tentunya dengan kapasitas demikian, membuat ponsel ini bisa bertahan lebih dari satu hari dengan pemakaian normal. Tentunya, pemakaian tiap orang orang akan berbeda bergantung dengan jumlah aplikasi yang diinstal dan dijalankan. Namun sayang, ponsel Vivo Y15 belum dilengkapi teknologi fast charging Dual-Engine. Pengisian daya baterainya masih standar 5V~2A. Hal ini membuat waktu pengisian baterainya menjadi cukup lama, yakni sekitar 2 jam 45 menit.

Baca Juga :  Unboxing Apple Watch Series 5 Edisi Nike, Smartwatch Canggih yang Tidak Pernah Tidur

Performa

Dalaman Vivo Y15 ini menggunakan chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm). Chipset ini merupakan chipset kelas bawah dari Performance Mediatek. Pada test benchmark, didapatkan skor Antutu 78.165 untuk varian RAM 3 GB dan ROM 64 GB. Dengan RAM dan internal memori demikian, sudah cukup lancar untuk digunakan menjalankan aplikasi harian seperti sosial media, chatting dan browsing. Sedangkan jika digunakan untuk bermain game, juga cukup lancar meski ada sesekali lag.

Kamera

Untuk kameranya, Vivo Y15 dibekali dengan triple kamera dengan salah satu kameranya bisa mendukung fitur Super-wide Angle.  Triple kamera ini masing masing memiliki lensa 13 MP, f/2.2, PDAF + 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide) + 2 MP, f/2.4, depth sensor. Dengan spesifikasi yang demikian, hasil tangkapan gambar Vivo Y15 masih terhitung lumayan. Fitur wide-angle nya cocok digunakan untuk mengambil foto di ruang yang sempit sehingga bisa lebih luas.

Untuk kamera depannya, Vivo Y15 memiliki kekuatan 16 MP dan lensa aperture f/2.0. Selain itu juga ada fitur AI Face Beauty.  Untuk kualitas pengambilan gambar di video sudah cukup baik. Meski demikian, tentu saja tidak bisa diharapkan lebih. Ponsel ini belum dilengkapi fitur stabilizer sehingga cukup banyak goncangan bila video diambil saat bergerak.

Kesimpulan

Dengan harga ponsel sekitar Rp. 2jutaan, ponsel ini termasuk layak untuk digunakan. Selain karena fiturnya yang menarik, juga karena kapasitas baterai ponsel yang lumayan besar. Namun, pilihan tetap kembali kepada konsumen, apakah ingin membeli merek Vivo ini, atau berganti ke merk lain yang sekiranya harga sama namun menawarkan fitur lebih.

About the author